Dunia kerja saat ini sulit dipisahkan dari teknologi. Di era digital, kamu dituntut serba cepat, kreatif, dan inovatif. Itu sebabnya kamu membutuhkan sejumlah keterampilan (skill) kalau mau memenangkan persaingan dan mempunyai nilai tambah yang besar di mata perusahaan.

Nah, keterampilan digital atau digital skill adalah salah satu unsur pendukung yang mesti dimiliki. Kenapa? Sebab sebagian besar perusahaan kini mulai banyak menerapkan prinsip kerja dan bisnis secara digital.

Menurut penelitian yang diterbitkan Urban Institute pada 2019 bertajuk Foundational Digital Skills for Career Progress menyebutkan bahwa jumlah pekerjaan yang membutuhkan keterampilan digital akan terus meningkat. Hingga 2024, peningkatannya akan mencapai 12%.

Supaya tidak tertinggal, kamu perlu mempelajari dan memperbarui skill digital sesuai tren ke depan. Nah, berikut ini akan dibahas tren skill digital yang perlu dimiliki di tahun 2023.

Apa itu Digital Skill?

Sebelum membahas digital skill yang harus dimiliki pada 2013, kamu mesti tahu dulu apa itu digital skill. Pengertian dari keterampilan digital atau digital skill adalah kemampuan dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi untuk menemukan, memanfaatkan, membuat, mengevaluasi, dan mengkomunikasikan konten/informasi, dengan kecakapan kognitif maupun teknikal.

Kalau merujuk UNESCO, keahlian digital didefinisikan sebagai suatu kemampuan dalam penggunaan perangkat, aplikasi komunikasi, dan jaringan digital untuk mengakses dan mengelola informasi. Keahlian ini memungkinkan seseorang untuk membuat dan membagikan konten digital, berkolaborasi, berkomunikasi, dan menyelesaikan masalah.



Sederhananya begini. Digital skill itu suatu pengetahuan dan kemampuan dalam menggunakan media digital, alat-alat komunikasi, atau jaringan dalam menemukan, mengevaluasi, menggunakan, membuat informasi, dan memanfaatkannya secara sehat, bijak, cerdas, cermat, tepat, dan patuh hukum.

Contoh kecilnya pada bisnis kuliner. Aplikasi food order delivery membantu restoran menyediakan pilihan menu untuk pelanggan yang lapar tanpa mereka harus meninggalkan rumah. Secara tak langsung, para pekerja restoran harus mampu mengelola pesanan melalui perangkat digital.

Contoh lainnya, para petani saat ini tidak lagi sekadar menabur benih dan memanen. Mereka menggunakan sensor dan teknologi informasi untuk mengotomatisasi, memantau, dan mengatur sistem budidaya menjadi lebih menguntungkan, efisien, dan berkelanjutan.


Tren Digital Skill 2023

Ada beberapa digital skill yang penting untuk dikuasai pada 2023. Berikut ulasannya.

1. Coding

Digital skill pertama yang mesti dipelajari adalah coding. Kebutuhan para pekerja dengan skill ini terus mengalami peningkatan, bahkan pada 2023. Skill coding bukan cuma untuk para profesional teknologi saja. Kini, banyak pekerjaan untuk ahli pengkodean yang dibutuhkan dalam menjalankan kebutuhan bisnis di berbagai sektor lainnya. Mulai dari pemasaran digital hingga mengecek jaminan kualitas. Dasar-dasar pengkodean yang perlu dikuasai adalah Java, SQL, Python, Ruby, dan bahasa pemrograman lainnya.

2. Programming

Skill ini juga banyak dicari. Programming bisa meliputi front end dan back end. Front end lebih kepada membuat tampilan dari sebuah website atau mobile aplikasi. Back end berkaitan dengan segala hal di balik layar yang berguna agar program mampu berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

3. SEO

Digital skill ini untuk mengatur segala konten yang akan di-publish berdasarkan keyword atau kata kunci. Keyword nantinya digunakan sebagai bahan untuk mengoptimasi mesin pencarian. Skill ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan ranking pada mesin pencarian, sehingga traffic pada website perusahaan juga ikut naik. Kamu bisa mempelajari skill ini dengan berbagai tools, seperti Ahrefs key generator, SemRUSH, Google Analytic, Google Trends, dan masih banyak lagi.

4. UI/UX Design

Skill yang perlu dipelajari pada 2023 selanjutnya adalah UI/UX Design. Skill ini bermanfaat untuk memberikan pengalaman penggunaan suatu aplikasi atau website dengan cara mendesain user interfaceatau tampilan pengguna yang menarik.

UI/UX designer bukan cuma bekerja mendesain tampilan pengguna.  Mereka juga membuat user experience yang baik seperti, pengguna tidak kesusahan memakai aplikasi (easy to use) atau bahkan pengguna disuguhkan tampilan yang menarik dan tidak membosankan. Intinya, digital skill yang satu ini banyak berkutat pada pelayanan pengguna aplikasi dan website.

5. Social Media Strategy

Sesuai namanya, skill ini digunakan untuk mengatur segala strategi dalam media sosial untuk kepentingan bisnis. Fungsinya untuk mengatur konten-konten atau membuat campaign yang menarik supaya menghadirkan brand awareness dan traffic, bahkan menganalisa dan tracking suatu insightmedia sosial.

6. Data Analyst

Data analyst bertanggung jawab untuk menerjemahkan berbagai data, sehingga bisa diolah dan dijadikan laporan supaya perusahaan membuat pilihan dan strategi yang tepat. Digital skill yang satu ini sangat dibutuhkan untuk mencari solusi di suatu masalah bisnis. Misalnya, untuk mengetahui kapan perusahaan mengalami kerugian atau bagaimana keuntungan perusahaan tetap stabil.


Source : Qubisa.com