6. Anda Merasa Negatif Saat Berada di sekitar Mereka

Orang toxic itu seperti sekumpulan kepiting yang ada di dalam sebuah ember. Mereka akan berusaha untuk saling keluar namun juga saling tarik menarik secara tidak beraturan di dalam ember. Mereka mencoba untuk melarikan diri dan berakhir dengan saling tarik menarik satu sama lain ke dalam kumpulan tersebut. Mereka tidak mau melihat salah satu dari jenis mereka berhasil keluar dan hasilnya tidak ada yang keluar.

Menurut Abigail Brenner MD dalam Psikologi Today timbul nuansa yang cenderung negatif di sekitar orang yang toxic karena mereka fokus pada masalah, bukan solusi. Mereka adalah manipulator yang handal. Taktik mereka cenderung tidak jelas dan sewenang-wenang, misalkan mengalihkan fokus pada keadaan seseorang seperti mendiskusikan nada bicara seseorang beserta kata-katanya. Mereka berfokus pada masalah, bukan solusi.

Jika Anda sudah punya orang-orang yang toxic seperti itu, Anda akan merasa seperti berada di ember yang penuh dengan kepiting. Mereka tidak ingin dibantu, mereka tidak akan membantu diri mereka sendiri, namun mereka ingin semua orang di sekitar mereka merasakan kekesalan yang sama tentang kehidupan, cinta, pekerjaan, uang, dan kebahagiaan.
Jodie Gale, MA, seorang psikoterapis dan pelatih kehidupan di Sydney, Australia mengatakan bahwa orang-orang toxic merupakan orang yang memiliki luka batin yang parah.
Pada dasarnya, mereka ingin semua orang merasa seburuk yang mereka rasakan. Hal ini terjadi karena orang-orang toxic memproyeksikan perasaan mereka kepada Anda.


7. Mereka Menginginkan Apa yang Anda Miliki
Orang toxic tidak bisa melihat Anda bahagia. Mereka cenderung tidak peduli berapa banyak yang Anda miliki atau capai dalam kehidupan Anda.

Menurut Rhonda Freeman Ph.D. di dalam Psyhology Today menjelaskan bahwa orang toxic juga cenderung sangat narsis. Mereka akan mengemis, meminjam, dan mencuri jalan mereka ke bagian hidup Anda untuk mendapatkan sepotong kue, dan kemudian mengklaim semuanya sebagai milik mereka.

Anda perlu waspada dengan mereka dan tetap mengawasi mereka karena jika mereka membenci kebahagiaan Anda, mereka akan mencoba mengambilnya.


8. Mereka Mendorong Anda untuk Menolong Mereka
Orang toxic yang cenderung narsistik membutuhkan banyak sosial interaksi untuk mempertahankan racunnya.

Mereka ingin Anda merasa kasihan pada mereka dan bertanggung jawab atas semua masalah mereka dan kemudian memperbaiki masalah ini juga.

Mereka akan mencoba untuk membuat Anda setuju dengan penilaian toxic mereka terhadap suatu situasi atau seseorang, dan kemudian mereka akan memberitahu semua orang apa yang Anda katakan.


9. Mereka Mengharapkan Anda Menjadi Seseorang yang Bukan Anda
Orang-orang yang toxic memiliki kebutuhan yang sangat tinggi untuk segala sesuatu menjadi sempurna. Mereka percaya mereka harus sempurna, Anda harus sempurna, peristiwa harus terjadi persis seperti diharapkan, dan hidup harus berjalan persis seperti yang mereka bayangkan.

Keadaan ini menjadi cukup sulit karena mereka menginginkan sesuatu seperti yang mereka harapkan sehingga Anda juga dipaksa untuk mengikuti rencana yang dibuatnya.

10. Mereka Tidak Akan Ragu untuk Memanipulasi Anda Dengan Segala Cara
Jika mereka mau sesuatu dari Anda, mereka akan melakukan apa saja untuk mendapatkannya.Menurut Abigail Brenner M.D. di dalam Psychology Today:

“Orang yang manipulatif benar-benar tidak tertarik pada Anda kecuali sebagai kendaraan untuk memungkinkan mereka mendapatkan kendali."

Jika Anda masuk di dalam rencana mereka, mereka tidak akan peduli dengan emosi atau kebutuhan Anda. Mereka akan mengatakan apa yang mereka butuhkan dan Anda akan menjadi pelayan mereka.