Orang-Orang yang Toxic dan Bagaimana Cara untuk Berdamai dengan Mereka

Orang yang toxic atau “beracun” merupakan orang yang memberikan vibes buruk baik secara emosional maupun secara fisik. Orang-orang seperti ini terkadang ada di sekitar Anda dan kebanyakan dari mereka tidak menyadari kalau mereka itu bermasalah.

Yang terpenting adalah Anda perlu menghadapi orang seperti ini karena sebenarnya Anda tidak perlu terlalu mengalah dengan mereka, namun ketika mereka terlalu menghabiskan energi Anda, sebaiknya Anda meninggalkannya.

Beberapa tanda Toxic People dan Anda harus meninggalkan mereka:

 

  1. Mereka hanya akan memperhatikan Anda saat kita melayani mereka
Setiap orang sebenarnya memiliki teman dan ketika mereka membutuhkan bantuan, maka Anda sebagai teman perlu memberikan bantuan. Namun, jika mereka hanya memanggil Anda karena mereka membutuhkan bantuan, mereka adalah orang yang toxic.

Menurut Abigail Brenner M.D. di Psychology Today, toxic people hanya akan menggunakan orang lain hanya untuk mencapai tujuan mereka dan melupakan tujuan Anda.

Untuk menghadapi masalah ini, persiapkan diri Anda untuk melepaskan diri dari hubungan ini. Orang yang hanya mementingkan diri sendiri, bukanlah orang yang Anda butuhkan di hidup Anda.

 

  1. Mereka Mudah untuk Menyimpan Dendam
Orang yang toxic, mudah untuk menghidupkan drama, dan salah satu cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengungkit sesuatu yang bodoh dari perilaku orang lain di masa lalu.

Mereka seperti orang yang memiliki Peter Pan Syndrome, di mana mereka menggantungkan dirinya pada orang lain atau dari kata sederhananya orang dewasa yang perilakunya seperti kekanak-kanakan. Orang-orang seperti ini adalah orang yang mudah menyimpan dendam, kurang kecerdasan emosional, dan takut bahwa orang lain akan menyakiti mereka.

Tanda-tandanya adalah jika seseorang menghabiskan waktu terlalu banyak untuk memikirkan masa lalu dan tidak berusaha untuk melupakannya.

 

  1. Mereka membuat Anda merasa tidak berdaya
Seseorang yang toxic akan melakukan hal terbaik untuk membuat Anda merasa tidak berdaya dan juga melakukan hal yang menyebalkan pada hidup Anda.

Di dalam 5 Types of People Who Can Ruin Your Life: Identifying and Dealing with Narcissists, Sociopaths, and Other High-Conflict Personalities, dijelaskan orang yang memiliki HPC (High Conflict Personality) merupakan orang yang memiliki perilaku negatif yang ekstrim.

Mereka senang dengan menyebarkan suatu kebohongan untuk kepentingan mereka sendiri serta berusaha manipulatif untuk menyakiti orang lain. Mereka terkadang kurang memahami bahwa perilaku yang mereka lakukan cukup menyebalkan dan melelahkan orang lain. 

Mereka juga senang menampilkan sifat yang pasif-agresif supaya Anda tidak dapat lepas dari pekerjaan Anda. dan jelaskan bahwa Anda tidak dapat lepas dari pekerjaan Anda, atau situasi apa pun yang Anda hadapi.

 

  1. Mereka Membodohi Anda dengan Harapan dan Mimpi-Mimpi Anda
Anda akan tahu Anda berada di hadapan orang-orang yang toxic jika setiap kali Anda mengumumkan sesuatu, mereka mengotak-atiknya dan memberi tahu Anda sejuta alasan mengapa Anda tidak dapat melakukan hal yang ingin Anda lakukan.

Orang yang toxic mudah sekali memainkan perasaan Anda, mulai dari memberikan pernyataan betapa bagusnya kalau Anda melakukan A-Z dengan berbagai penjelasan, namun semua itu hanya untuk menyenangkan Anda. 

Hal tersebut merupakan lingkaran yang bagus bagi mereka, jadi Anda perlu hati-hati.

 

  1. Mereka Berbohong kepada Anda
Orang beracun tidak bisa menahan diri ketika sedang berbohong. Mereka senang untuk menyalakan api drama dan kekacauan secara berurutan untuk membuat mereka menjadi bahagia.

Menurut Shannon Thomas, di dalam Greatist, “Orang-orang yang toxic adalah seorang adalah seorang manipulator ulung, pembohong yang terampil, dan aktor hebat… Mereka bisa bersembunyi di mana-mana.

Jika seseorang tidak berkelahi, mereka tidak hidup. Mereka akan berbohong kepada orang-orang tentang Anda dan melakukan hal yang sama di lingkaran kenalan Anda untuk memuaskan kebutuhan mereka sendiri.